[HOAKS] PDIP Resmi Usung Ganjar Pranowo dan Khofifah di Pilpres!!!


Beredar kabar yang menyebutkan PDIP resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau Capres dan Khofifah Indar Parawansa sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Kabar PDIP resmi usung Ganjar dan Khofifah di Pilres 2024 itu awalnya dihembuskan kanal YouTube DUA KATA pada 22 Januari 2022.

Dalam narasi judul unggahannya, kanal itu menyebut kubu Partai NasDem ‘panas dingin’ lantaran PDIP resmi mengusung Ganjar dan Khofifah di Pilpres 2024.

"KUBU NASDEM PANAS DINGIN??PDI-P RESMI USUNG GANJAR KHOFIFAH DI PILPRES 2024??” tulis judul unggahan kanal Youtube tersebut.

Sementara di narasi thumbnail video unggahannya itu, Youtube DUA KATA juga kembali mencantumkan narasi bahwa PDIP telah resmi mengusung pasangan Ganjar dengan Khofifah.

“DIRESMIKAN HARI INI PDI-P RESMI USUNG GANJAR DENGAN KHOFIFAH,” demikian tertulis keterangan dalam thumbnail video tersebut.

Melansir dari Terkini.id, Senin 30 Januari 2023, berdasarkan hasil penelusuran, klaim soal Ganjar dan Khofifah resmi diusung PDIP untuk jadi pasangan capres-cawapres 2024 adalah salah.

Setelah video unggahan youtube itu ditonton hingga akhir, tidak ada informasi mengenai klaim terkait hal itu seperti yang tertulis di judul maupun thumbnail video tersebut.

Faktanya, narator membahas artikel dari Harianhalu.com yang terbit pada 21 Januari 2023. Judul artikel tersebut adalah “PDIP Wajib Sadar, Jadikan Khofifah Cawapres Auto 3 Keuntungan, Pasti Aman Deh”.

Artikel sebenarnya berisi mengenai pendapat Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama Ari Junaedi mengenai tiga keuntungan yang didapat PDIP apabila mengusung Khofifah jadi Cawapres.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kabar yang menyebut PDIP resmi usung Ganjar dan Khofifah di Pilpres 2024 adalah keliru.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh kanal Youtube DUA KATA lewat video unggahannya tersebut masuk dalam kategori hoaks.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url