Sebelum Ada yang Bully!!! Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah Hanya Telan Anggaran Rp188 M, Kolaborasi Pemprov dan Pemkab Magelang.


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT di Kabupaten Magelang, Selasa, 31 Januari 2023. Rencananya masjid itu akan berdiri di atas lahan di Desa Sawitan, Kecamatan Mungkid. 

Pembangunan masjid tersebut sempat tertunda dua tahun karena pandemi Covid-19. 

"Sekarang Alhamdulillah kami datang untuk bisa ground breaking karena pada tahun ketiga ini akhirnya bisa dilanjutkan lagi," kata Ganjar.

Menurut dia pemilihan Kabupaten Magelang sebagai lokasi pembangunan MAJT lantaran dianggap simbol kerukunan antar-umat beragama. 

"Di sini ada Candi Borobudur, ada kelenteng, gereja juga. Saya berharap masjidnya dapat menjadi pusat moderasi beragama," ujar Ganjar.

Kapala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah Hanung Triyono menjelaskan lahan untuk pembangunan MAJT kerja sama dari tiga lembaga. 

"Ini kolaborasi Pemprov Jateng sediakan 3,2 hektare, Pemkab Magelang 1,6 hektare dan Kemenag 0,13 hektare," tutur Hanung.

Hanung berkata pembangunan MAJT di Kabupaten Magelang yang menelan anggaran Rp 188 miliar itu ditargetkan rampung pada November 2023. 

"Luas bangunan 24.866 meter persegi dengan kapasitas jamaah 5.000 orang. Terdiri dua lantai, yang bawah Islamic center dan plaza, lantai dua untuk sembahyang," katanya.

Sebelum di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah telah memiliki Masjid Agung di Kota Semarang. Masjid tersebut rampung dibangun pada 2006 lalu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url