Akui Sudah Sejak Lama Ingin Bertemu, Akhirnya Presiden SPF Sunami dan Ganjar Pranowo Jajaki Kerja Sama Tangani Bencana-Radikalisme!!!!


President of The Sasakawa Peace Foundation (SPF) Atsushi Sunami menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh, Semarang, Rabu (15/3/2023). Keduanya berbincang mengenai isu kelautan hingga radikalisme.

Tiba pukul 09.30 WIB, Sunami langsung disambut Ganjar. Dalam perkenalannya, Sunami mengatakan sudah sering datang ke Indonesia, namun ini kali pertama dia ke Jawa Tengah. Kunjungannya ini, kata Sunami, sudah lama dinantikan khususnya untuk bertemu Ganjar.

"Saya sudah lama ingin berkunjung ke Jawa Tengah dan menemui Pak Ganjar, karena seperti yang kami ketahui dia adalah politisi dan pemimpin yang sangat menjanjikan di Indonesia saat ini," kata Sunami dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (15/3/2023).

Sunami menyebut banyak hal yang didiskusikan dengan Ganjar. Termasuk juga penjajakan kolaborasi antara SPF dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Saya mendapatkan banyak diskusi mendalam hari ini, dan bagaimana kami bisa berkolaborasi dengan berbagai isu terkait di Jawa Tengah dan secara umum Indonesia," ungkap Sunami.

Sunami menghulas kerja sama antara SPF dan Pemerintah Indonesia sudah berlangsung lama. Setelah kondisi Pandemi COVID-19 mereda, dia menyatakan banyak potensi kerja sama yang bisa dilakukan lagi.

"Setelah COVID, akan banyak aktivitas yang kembali berjalan jadi kami ingin tahu secara pasti apa yang dapat kami lakukan bersama dengan Indonesia dan Jepang," cetus Sunami.

Sunami menerangkan SPF bergerak dalam banyak bidang. Tak hanya tentang anti radikalisme dan pencegahan terorisme, Sunami menyebut pihaknya juga konsen pada isu kelautan khususnya illegal fishing.

"Kami punya kesamaan program, seperti perikanan yaitu melawan illegal fishing dan juga kelautan termasuk juga berbincang tentang pengembangan energi dan isu-isu lainnya," ucap Sunami.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengaku senang dengan kunjungan Presiden SPF Atsushi Sunami. Ganjar mengatakan SPF punya banyak pengalaman yang bagus khususnya terkait penanganan konflik di antaranya di Poso, Sulawesi.

"Mereka ingin tahu juga bagaimana pengalaman kami menangani konflik, termasuk mengembalikan eks napiter ke masyarakat. Ada bahasa yang cukup bagus, jadi bukan deradikalisasi tapi repatriasi. Itu bahasa yang bagus untuk kita bicarakan," tutur Ganjar.

Senada dengan Sunami, Ganjar menyampaikan banyak potensi kerja sama yang bisa dikerjakan. Salah satunya di bidang penanggulangan bencana.

"Saya juga mem-propose kebencanaan karena pengalaman cukup banyak. Beliau mengundang saya untuk mengunjungi Jepang untuk meningkatkan kerja sama. Tentu ini sebuah undangan yang sangat bagus, saya merasa terhormat dan kami sedang siapkan yang lebih detil lagi," kata Ganjar.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url