Kubu Sebelah Bikin Hoaks Terus Tentang Ganjar! Mungkin Panas Karena Ganjar Selalu Diatas!


Beredar kabar yang menarasikan bahwa Ganjar Pranowo turut menerima uang dari transaksi janggal Rp300 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Kabar tersebut disebarkan oleh akun Youtube dengan 229 ribu pengikut bernama LIDAH RAKYAT melalui sebuah video yang diunggah pada Kamis(23/3/2023).

"Hasil korupsi Kemenkeu Juga Masuk Kantong Pribadi GanjarKpk Jemput Paksa Tepat Pagi Ini" begitu judul dalam unggahan tersebut seperti dikutip Mamagini, Kamis (23/3/2023).

Selain itu, unggahan tersebut juga menyertakan thumbnail berupa foto yang diduga telah direkayasa dengan narasi sebagai berikut:

"GANJAR KETAHUAN JUGA
SEBAGIAN HASIL KORUPSI 300T KEMENKEU MASUK KANTONG PRIBADINYA"

Namun begitu, apakah benar Ganjar Pranowo ketahuan menerima sebagian uang transaksi janggal Rp300 triliun di Kemenkeu?

Setelah melihat unggahan tersebut secara utuh, tidak ditemukan adanya keselarasan antara narasi dalam judul dan thumbnail dengan isi video.

Video tersebut sama sekali tidak menampilkan atau menunjukkan bukti bahwa Ganjar Pranowo terlibat dalam transaksi janggal Rp300 triliun lebih di Kemenkeu.

Isi video tersebut hanya berupa potongan-potongan video yang digabung menjadi satu terkait dugaan transaksi janggal di Kemenkeu.

Faktanya, berdasarkan penelusuran, hingga saat ini tidak ada berita kredibel yang menyatakan Ganjar Pranowo terlibat atau menerima sebagian uang dari transaksi janggal di Kemenkeu.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan Ganjar Pranowo turut menerima sebagian uang dari transaksi janggal di Kemenkeu merupakan klaim yang tidak benar.

Unggahan tersebut merupakan unggahan yang mengandung informasi dan narasi menyesatkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url