Ganjar Menyampaikan Alasan Pernyataan Penolakan Sudah sesuai Konsensus,Permenlu dan Sejarah Bangsa Indonesia yang Mendukung Perdamaian Dunia


Piala Dunia U-20 resmi dibatalkan untuk diselenggarakan di Indonesia oleh FIFA. Sebab pembatalan tersebut, sudah ditegaskan oleh FIFA, dikarenakan alasan keamanan dan persiapan yang dinilai FIFA belum matang.

Erick Thohir juga menegaskan hal tersebut dalam rilis PSSI beberapa waktu lalu. Namun, banyak publik yang masih menduga, pembatalan tersebut juga didasari karena adanya pernyataan penolakan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan surat resmi penolaka terhadap tim Israel dari Guberner Bali, I Wayan Koster.

Para pakar menilai, sikap penolakan ini, memperlihatkan juga tidak selarasnya pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Apalagi Piala Dunia U-20 adalah ajang internasional.

Dilansir dari Youtube Najwa Shihab, pada Selasa (04/03/2023), Ganjar Pranowo diundang Najwa Shihab untuk memberikan klarifikasi terkait pembatalan tuan rumah Piala Dunia U-20 di Indonesia dalam wawancara tersebut.

Banyak hal yang disampaikan Ganjar di kesempatan kali ini. Ganjar menyampaikan alasan pernyataan penolakan sudah sesuai konsesus,permenlu No.3/2019 dan sejarah bangsa Indonesia yang mendukung perdamaian dunia.

Saat ditanya Najwa, apakah Presiden Jokowi mengetahui Ganjar akan merilis pernyataan penolakannya. Ganjar menjawab, sebelum memberi pernyataan sikapnya terhadap penolakan Tim Israel, ia mengaku sudah berupaya memberitahu Jokowi.

"Mas Ganjar, sempat berkomunikasi dengan Pak Jokowi, sebelum mengeluarkan statement ini. Pernah tidak?" tanya Najwa.

"Secara langsung,tidak, tapi saya menyampaikan izin melalui beberapa 'pintu' yang bisa masuk kepada Pak Jokowi. Ada beberapa mentri yang sudah saya sampaikan." jawab Ganjar Pranowo. (*)


Editor: Farhan

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url