Ganjar Pranowo Masih di Posisi Teratas Untuk Jadi Calon Presiden 2024!



Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih menduduki peringkat teratas sebagai calon presiden di Pemilu 2024 dalam survei yang diselenggarakan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan dalam jumpa pers virtual yang diselenggarakan LSI, Minggu (9/4/2023).

"Berdasarkan hasil survei yang dilakukan LSI sejak 31 Maret-4 April 2023, dari 19 nama yang disodorkan ke publik, nama Ganjar paling banyak dipilih yakni sebanyak 19,8%, kemudian disusul Prabowo 19,3%, Anies 18,4%, Ridwan Kamil 5,8%, dan nama lainnya kurang dari 3%. Sedangkan 19,8% belum menunjukkan pilihannya," ungkap Djayadi.

Untuk pilihan wakil presiden, dari 8 nama yang disodorkan LSI nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi nama yang paling banyak dipilih responden.

"Berdasarkan survei LSI, nama calon wakil presiden yang banyak dipilih adalah Ridwan Kamil sebanyak 19,6 %, selanjutnya Sandiaga Uno 18,9 %, Erick Thohir 13,0 %, Agus Harimurti Yudhoyono 9,1 %, Khofifah Indar Parawansa 6,2 % dan nama lain di bawah 6 % dengan 23,1 % masyarakat masih belum bisa menentukan siapa calon wakil presiden yang akan mereka pilih di Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 mendatang," tambahnya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan LSI itu 49,9 persen responden adalah laki-laki dan 50,1 persen di antaranya adalah perempuan.

"Berdasarkan jenis pekerjaannya, 24,6% adalah Ibu Rumah Tangga, 22,8 % adalah buruh, 15,7 % adalah petani, peternak dan nelayan, sementara ASN 11,6 %, 11,4 % adalah pedagang, wiraswasta dan pengusaha dan sisanya 13,9 % berasal dari kalangan pekerjaan lain," terangnya.

Djayadi menambahkan survei dilakukan pada akhir Maret hingga awal April 2023. Sedangkan target populasinya warga negara Indonesia dengan usia 17 tahun ke atas, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

“Survei diadakan untuk mengetahui pendapat publik terhadap berbagai isu dan bagaimana implikasinya terhadap peta politik elektoral menuju 2024. Sehingga survei diadakan pada akhir Maret hingga awal April 2023,” jelasnya.

Dalam survei yang dilakukan LSI ini, nama Ganjar Pranowo sendiri turun cukup signifikan dibanding Februari lalu yang kala itu mencapai 27,1 %. Ada kemungkinan pernyataan Ganjar Pranowo terkait timnas Israel sehingga terjadi pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia menjadi penjelas di balik merosotnya basis dukungan Ganjar.

Nama Ganjar Pranowo juga disebut cukup banyak sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas keputusan FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url