Bawaslu Nggak Perlu Takut! Tenang Saja, Ganjar Nggak Akan Melenceng Kok! Silahkan Awasi Ketat Safari Politik yang Dilakukan Gubernur Aktif Jawa Tengah


Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menyampaikan bahwa pihaknya telah mengawasi safari politik yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di beberapa daerah.

Diketahui, Ganjar sebelumnya telah dideklarasikan sebagai kader PDI-P yang akan diusung maju sebagai bakal calon presiden (bacapres) untuk bertarung di Pemilu 2024 mendatang.

"Bawaslu tetap melaksanakan pengawasan. Pengawasan tetap jalan apakah kemudian yang bersangkutan menggunakan fasilitas negara atau tidak," ucap Bagja, Senin (9/5/2023).

Pihaknya, kata dia, sejauh ini belum menerima laporan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Ganjar maupun parpol pendukungnya.

"Belum tahu (ada pelanggaran atau tidak), belum dapat laporan dari bawah. Nanti setelah dapat kita sampaikan," jelas dia.

Bawaslu juga merasa tak bermasalah dengan safari politik semacam ini dan tidak memandangnya sebagai upaya berkampanye di luar jadwal.

Bawaslu bersikeras bahwa unsur kampanye di luar jadwal baru terpenuhi apabila ada ajakan memilih di luar masa kampanye.

Bagja mengungkapkan belum ada laporan soal pelanggaran yang dilakukan oleh Ganjar maupun PDI-P.

"Ada unsur mengajak atau tidak? Mengajak pilih Ganjar tidak sebagai presiden? Kalau ada, itu pelanggaran," jelas dia.

Diketahui sebelumnya, Ganjar melakukan safari politik di Surabaya dan Jember pada Sabtu (6/5/2023) dan Ahad (7/5/2023). Selain itu, safari politik juga dilakukan Ganjar di Gelora Bung Karno. (m27)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url