Berkaca pada Pembangunan era Jokowi, Ganjar: Jokowi Selalu Jadi Mentor Saya


Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi merupakan mentornya, khususnya terkait program pembangunan di Indonesia. Ganjar Pranowo mengaku dia beruntung karena Jokowi membukakan akses untuknya ke dunia internasional.

"Bahkan saya minta 'Pak Presiden setelah (KTT) G20, setelah (KTT) ASEAN, dan kemarin ke G7 ya, kira-kira dunia seperti apa?'. Beliau (Jokowi) ceritakan satu persatu plus aktor-aktornya, presiden ini seperti apa, presiden ini seperti apa," kata Ganjar kepada wartawan di Pandeglang Banten, Minggu (28/5/2023).

"Saya beruntung saja, karena beliau membuka akses yang luar biasa, dan so far beliau selalu jadi mentor saya, jadi dalam konteks pembangunan itu," sambungnya.

Dia menyampaikan posisi Jokowi sebagai mentor itu sama seperti posisi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Ganjar menghadap Megawati untuk berkonsultasi tentang ideologi kepartaian, sedangkan Jokowi dari sisi pemerintahan.

"Samalah ketika saya menghadap Ibu Mega, saya bertanya begitu, dari sisi kepartaiannya seperti apa. Jadi ini klop sebenarnya. Jadi misi yang dibawa mesti dieksekusi sampai kemudian pada hasil akhir yang menyejahterakan rakyat," ujarnya.

Menurut dia, Jokowi memberikannya desain besar dan peta jalan pembangunan di Indonesia, termasuk yang sudah dimulai atau belum tercapai. Ganjar menilai hal yang biasa apabila ada pembangunan era pemerintahan Jokowi yang belum terselesaikan.

"Maka tugas saya kemudian kalau amanat yang diberikan tentu kita harus membereskan (pembangunan yang belum selesai). Dan Pak Jokowi memberikan clue-clue itu. Dalam banyak hal saya slalu berkonsultasi dengan Pak Jokowi, selalu," jelas Ganjar

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url