Ganjar Pranowo: Pancasila Bisa Diamalkan di Sektor Pelayanan Publik


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Pancasila bisa diimplementasikan dalam pelayanan publik. Salah satunya seperti memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan. 

"Kalau mau bicara nilai-nilai pancasila dalam konteks layanan publik, saya minta agar semua pengamalannya pada sektornya," kata Ganjar usai menghadiri peluncuran Unit Pelayanan Publik Pancasilais di Lantai V Gedung B Kantor Pemprov Jateng, Semarang, Senin (19/6/2023).

Dalam konteks layanan publik, lanjut Ganjar, pemerintah mesti bekerja dengan cara-cara humanis. Ganjar menekankan cara kerja tersebut mesti dilakukan secara konkret kepada seluruh masyarakat.

"Humanis itu tidak bentak-bentak dan sebagainya. Kita betul-betul concern bahwa regulasinya seperti apa dan pelaksanaannya harus sesuai,"ujarnya. Ganjar meminta seluruh dinas harus memperhatikan segala kondisi masyarakat yang membutuhkan layanan. Misalnya, penyandang disabilitas, ibu hamil, dan sebagainya. Di samping itu, Ganjar menekankan layanan publik yang pancasilais diterapkan dengan komitmen mudah, murah, cepat. Kemudian, kata Ganjar, layanan masyarakat mutlak harus berintegritas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url