Bulog Diminta Setop Dulu Impor Beras Mulai Akhir Januari, Sebab Panen Raya Sudah Dekat!


Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta kepada Perum Bulog untuk membeli beras dari para petani pada masa panen raya di bulan Februari-Maret 2023. Bulog juga hanya diberikan batas terakhir impor beras sampai akhir Januari 2023.

"Jadi Maret nanti Bulog tugasnya, berapapun harganya beli dari masyarakat, dengan harga terbaik bukan harga paling tinggi atau murah itu, tapi harga paling bagus," kata Zulkifli Hasan saat ditemui awak media di lapangan parkir Kementerian Perdagangan, Jumat (6/1/2023).

Dengan demikian, Zulhas berharap dalam kebijakan tersebut tidak ada yang dirugikan baik dari sisi petani maupun masyarakat yang membutuhkan.

"Nah dengan demikian tidak ada yang dirugikan, baik yang miskin dapat beras subsidi, tapi petani dapat harga yang mahal. Nah jadi dua-duanya untung. Kalau dulu, yang miskin dapat beras murah tapi yang korban petani, ini nggak boleh terjadi lagi," ujarnya.

Sementara itu, Zulhas kembali menegaskan bahwa batas akhir Perum Bulog melakukan impor beras adalah pada akhir bulan Januari, sebab masuk bulan Februari sudah mulai masuk masa panen raya.

"Desember kalau nggak salah baru 70 ribu ton yang masuk, dan Bulog stoknya harus menghabiskan jadi kita kasih waktu sampai Januari. Nah Januari nanti saya nggak tahu (Bulog) dapat berapa, Februari itu sudah terakhir nggak boleh lagi (impor), karena Maret sudah panen," tutur Zulhas.

"Kita kasih (Bulog mengimpor) sampai Januari akhir, terserah berapa bisanya, sanggupnya berapa Bulog ya terserah mereka. Tapi sehabis itu sudah, giliran beli dari petani nanti," tambahnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url