Dibawah Kepemimpinan Ganjar Pranowo! Semua Pasti Akan Bertumbuh!


Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah secara kumulatif atau periode Januari-Desember 2022 tumbuh 5,31%. Provinsi Jawa Tengah dipimpin Ganjar Pranowo yang kini resmi jadi calon presiden (Capres) PDI Perjuangan (PDIP).

Kepala BPS Jawa Tengah Adhi Wiriana mengungkapkan pertumbuhan ini selaras dengan ekonomi di Pulau Jawa dan secara nasional. Jika dibandingkan kuartal sebelumnya, ekonomi Jawa Tengah tumbuh 0,63%. Pendorongnya adalah panen atas beberapa komoditas buah seperti durian ataupun rambutan.

"Kondisi pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah angkanya relatif moderat karena secara kumulatif sama dengan nasional dan Pulau Jawa, sementara secara tahunan lebih baik dibandingkan nasional, demikian secara kuartalan lebih baik dibanding nasional," ujar Adhi dikutip dari Pemprov Jawa Tengah jatengprov.go.id, Sabtu (22/4/2023).

Ada beberapa hal yang menopang ekonomi di Jawa Tengah seperti sektor jasa yang semakin kuat. Contohnya, tingkat pengisian kamar hotel baik bintang maupun non bintang meningkat 9,35% dibanding kuartal sebelumnya.

Kemudian dari sisi transportasi, untuk kereta api mencatatkan kenaikan jumlah penumpang hingga 107,77% dibandingkan kuartal IV tahun 2021. Kemudian mobil pribadi yang melewati jalan tol naik 4,5% dibanding kuartal III 2022.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah juga disokong permintaan pasar domestik dan internasional. BPS juga mencatat ekspor produk pengolahan di Jawa Tengah menunjukkan peningkatan 2,48%. Di samping itu, realisasi belanja pemerintah yang lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya.

BPS mencatat pada kuartal IV 2022 ekonomi tumbuh 5,24% secara year on year. Lebih tinggi dibandingkan ekonomi nasional tumbuh 5,01%.

(kil/hns)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url