Elektabilitas di Dunia Digital Masih Dipimpin oleh Ganjar Pranowo di Peringkat teratas!


Elektabilitas di dunia digital pada bulan Maret 2023 masih dipimpin oleh Ganjar Pranowo di peringkat teratas.

Tidak hanya nama sang Gubernur Jawa Tengah, tetapi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menjadi partai Ganjar Pranowo pun masih di peringkat teratas.

Data ini merupakan hasil pemantauan yang dilakukan oleh Fenometer pada periode Maret 2023.

Data yang disajikan merupakan hasil pemantauan atau monitoring yang diambil dari hasil percakapan warganet.

Yakni di kolom media sosial (Medsos) mulai dari Twitter, Instagram, Youtube, Facebook, hingga berita online.

Kata Teguh Handoko selaku founder dari Fenometer, metode pengumpulan data dilakukan dengan mesin.

Dimana hal itu mampu melakukan crawling dan dikategorikan menjadi berbagai sentimen.

Akurasi yang didapatkan pun cukup tinggi hingga mencapai 92 persen.

Diapaparkannya, metodologi pengumpulan data percakapan ini didapatkan dari warganet-warganet melalui unggahannya di media sosial.

Seperti Twitter, Instagram, Youtube, Facebook, Blog maupun situs-situs News Online di Indonesia dengan pakai engine saat melakukan crawling dan set-up project.

Selanjutnya engine akan mengkategorikannya menjadi sentimen positif, negatif dan netral.

Kemudian, lanjut dia, data yang sudah dikumpulkan dilakukan analisis sentimen yang dilakukan secara otomatis (Engine) serta Admin Cleansing (Human).

Yakni dengan tingkat akurasi hingga 92 persen.

"Sementara itu, untuk metodologi data analisis, penentuan sentimen positif dan negatif dari analisa secara kualitatif"

"Yakni berisi percakapan dengan konteks meningkatkan citra yang baik masing-masing kandidat di mata warganet atau netizen" ujar Teguh Handoko, melalui keterangan resminya pada Selasa (12/4/2023).

Dari hasil pengumpulan data tersebut, Teguh menganggap Ganjar Pranowo hingga saat ini bahkan masih menempati posisi teratas dalam presentase elektabilitas digital.

Hal itu bahkan mampu menandingi kandidat calon presiden lainnya dengan nama-nama besar seperti Erick Thohir dan Prabowo Subianto.

"Periode Maret 2023, elektabilitas digital Ganjar Pranowo pun masih teratas meski dirinya banyak mendapatkan komentar negatif akibat pernyataannya yang menolak kehadiran Tim Israel U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20" katanya.

"Hasil pemantauan kami menyebutkan, Ganjar Pranowo miliki elektabilitas digital sebesar 18,48 persen, Erick Thohir 17,57 persen dan Prabowo Subianto 16,79 persen" tambahnya.

Lebih lanjut Teguh juga menambahkan, selama bulan Maret 2023, Erick Thohir menjadi kandidat yang memperoleh Reach terbesar.

Hal ini menunjukkan banyaknya akun-akun dengan follower besar dan juga media online yang turut serta menyebarkan berita-berita, saat Erick Thohir terbang ke Zurich, Swiss untuk bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino.

“Data Fenometer menunjukkan, percakapan terkait Erick Thohir menghasilkan Reach sebesar 600.445.184, Prabowo Subianto sebesar 433.060.784 dan Ganjar Pranowo sebesar 376.527.877,” tambah Teguh.

Sementara itu, untuk kategori Partai Politik, hasil pemantauan fenometer di bulan Maret 2023 menunjukkan, PDIP memiliki elektabilitas digital tertinggi dibandingkan Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

Selama periode Maret 2023, elektabilitas digital PDIP berada di angka 18,16 persen.

Disusul Partai Gerindra 17,28 persen dan Partai Demokrat 14,65 persen.

Menurutnya, tingginya elektabilitas digital PDIP di periode Maret 2023 juga didorong banyaknya warganet yang masih percaya.

Kepercayaan itu bahwa PDIP merupakan salah satu Partai terbesar di Indonesia yang memiliki jumlah pendukung yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Meskipun, dalam kurun waktu periode Maret 2023 beberapa kader seperti Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster keluarkan pernyataan yang menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia" papar Teguh.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url