Jokowi dan Ganjar Tetap Mesra dan Seirama


HUBUNGAN Presiden Jokowi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dikabarkan merenggang usai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Namun, kabar itu terbantah saat keduanya memamerkan kemesraan saat blusukan bareng, di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4).

Senin (10/4) malam, keduanya juga salat tarawih bareng di Masjid Syekh Al Zayed, Solo, Jateng. Momen ini melanjutkan kemesraan Jokowi dan Ganjar yang juga Jumatan dan blusukan bareng di Solo, Jumat (7/4) lalu.

Saat di pasar tradisional di Boyolali, Jokowi dan Ganjar me­ngawali kegiatan dengan berkunjung ke Pasar Selo. Keduanya tiba di lokasi sekitar pukul 8.30 Wib. Yang menarik, dalam kunjungan ini, keduanya tampak mesra duduk dalam satu mobil sedan hitam berpelat Indonesia.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih digulung hingga sesiku keluar mobil berbarengan. Jokowi lewat pintu mobil kiri, sementara Ganjar yang mengenakan seragam dinas cokelat keluar di sisi kanan. Ganjar mengikuti langkah Jokowi memasuki area pasar.

Di dalam pasar, keduanya berjalan beriringan sembari menyapa para pedagang. Keduanya mengobrol dan saling merespons. Sesekali mereka berdua tertawa lepas bersama saat mengecek harga-harga bahan pokok.

Keakraban ini kembali tampak saat keduanya meninjau Pasar Cepogoh. Di kedua pasar itu, Jokowi membagikan bantuan modal kerja (BMK) ke pedagang kaki lima, dan menyerahkan bantuan tunai langsung (BTL) ke para pedagang pasar.

Usai sidak, Ganjar dan Jokowi kembali masuk ke mobil yang sama. Kali ini Ganjar masuk di pintu depan mobil kepresidenan, sementara Jokowi duduk di belakang sisi kanan. 

Momen kebersamaan Ganjar dengan orang nomor satu di Indonesia itu  diunggah Ganjar di akun media sosialnya. Dalam tiga foto yang diunggah Ganjar, salah satunya tampak momen dirinya semobil dengan Jokowi.

Ganjar berada di kursi depan, dan Jokowi berada di kursi belakang. Di foto lain, Ganjar tampak tersenyum lebar sambil menyapa masyarakat.

Selalu mendampingi

Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan selama kunjungan di Jawa Tengah, Ganjar terus mendampingi Presiden. “Bukan sekarang saja bersama-samanya, tapi kalau Presiden ke Jawa Tengah, Pak Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah selalu mendampingi,” kata Bey.

Pertemuan Jokowi dengan Ganjar juga terpantau saat keduanya berada di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jateng, Kamis (6/4) petang. Saat itu, Ganjar yang tampil dengan pakaian adat Samin lengkap dengan ikat kepala, menyambut kedatangan Jokowi yang menum­pang pesawat Kepresidenan RI-1. Ini adalah pertemuan pertama kali keduanya setelah heboh pembatal­an Piala Dunia U-20.

Turun dari pesawat, Jokowi menyalami Ganjar sambil tersenyum. Ganjar pun ikut tersenyum lebar. Keduanya berjalan sambil asyik mengobrol menuju ruang transit.

Obrolan berlanjut di ruang transit VVIP. Keduanya berada di sana selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, Jokowi menuju kediamannya. Adapun Ganjar menginap di hotel di Solo untuk mengikuti kegiatan bersama Presiden.

Momen pertemuan dengan Jokowi itu kemudian dipamerkan Ganjar di akun Instagram miliknya. “Sugeng rawuh Bapak Presiden Jokowi di Solo,” tulis Ganjar.

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai kebersamaan Jokowi dan Ganjar untuk menepis isu kerenggang­an antara Jokowi dan Ganjar. Menurut Adi, dalam pertemuan itu Jokowi kembali menampilkan gimmick yang kerap ditunjukkan Jokowi saat bertemu Ganjar, yaitu naik mobil bareng.

Menurut Adi, pertemuan mereka di Solo, salat bersama, dan saat blusukan menjadi sinyal bahwa hubungan keduanya se­irama dan tak ada perbedaan pandangan. Pesan ini penting karena bagaimanapun pendukung Jokowi banyak yang mendukung Ganjar. “Kalau Jokowi dan Ganjar sudah satu frekuensi, pendukung Jokowi pasti ikut semua,” ungkapnya. 

 Terlebih, sebagaimana diungkapkan Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, bahwa sebanyak 39,3% pemilih Jokowi dan Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019, memilih Ganjar Pranowo. (RO/S2-25)





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url