Ganjar Sebut Perbaikan Sekolah Terdampak Gempa Bantul Jadi Prioritas



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau daerah terdampak gempa di SMKN 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Ia segera menginstruksikan jajarannya bergerak cepat membenahi dan merenovasi bangunan yang rusak.

Dalam tinjauannya ini, Ganjar mendapati gedung-gedung sekolah banyak yang rusak akibat gempa. Atap dan plafon sejumlah ruangan jebol, dinding dan lantai kelas juga banyak yang retak.

"Setelah gempa saya dilaporkan dalam perjalanan kemarin, beberapa gempa terjadi. Saya coba cek dan sekolah menjadi prioritas karena ada beberapa sekolah terkena (gempa). Kita cek masyarakat ya, ada rumah ibadah juga sudah diinventarisasi semuanya segera kita lakukan bantuan perbaikan," ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Senin (3/7/2023).

Ia menjelaskan sekolah menjadi prioritas untuk perbaikan lebih awal agar anak-anak dapat segera bersekolah. Pasalnya, musim libur sekolah Idul Adha akan segera berakhir.

"Sekolah menjadi prioritas karena sebentar lagi anak-anak juga sudah masuk kelas. Kita temukan beberapa struktur yang belum kuat maka kita minta tim kita dari PUPR untuk mengaudit apakah bangunannya masih layak," terangnya.

Gubernur Jateng ini langsung meminta Dinas PUPR bersama relawan bencana seperti BNPB dan BPBD untuk mempercepat pengerjaan perbaikan. Dia pun memastikan aktivitas pembelajaran di sekolah tidak terhambat.

Total dana bantuan yang dikucurkan oleh Pemprov Jateng mencapai Rp 50 juta untuk perbaikan gedung sekolah yang rusak akibat gempa.

Ganjar menyiapkan skema pergeseran anggaran dari APBD untuk dialokasikan ke penanggulangan bencana gempa, termasuk mengandalkan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bersama BAZNAS.

"Insyaallah sebentar lagi segera bisa digunakan biar semua gerak cepat. Kita juga lagi minta pergeseran anggaran-anggaran termasuk dari UPZ untuk bisa membantu penanganan lebih cepat," ungkapnya.

Gempa yang mengguncang Bantul, Yogyakarta pada Jumat (30/6) membuat sejumlah daerah di Jawa Tengah terdampak dan sejumlah fasilitas umum rusak. BMKG melaporkan gempa tersebut berkekuatan M 6,4 dengan kedalaman 25 km.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url