Tolak Tim Israel, Ganjar Siap Hilang Suara di Indonesia Timur


Ganjar Hebat ,Satu-satunya Capres Dengan lantang Tolak Tim Israel,Hanya Harus Dibayar Mahal Potensi Kehilangan Suara Di Indonesia Timur.  

Bagian wilayah Indonesia bagian Timur seperti Papua,Nusa Tenggara Timur, Maluku adalah provinsi Indonesia yang sebagian besar masyarakat beragama non muslim. Mereka lebih toleran dengan Israel dengan alasan adanya afiliasi keagamaan dengan negara Israel.

Ganjar secara lugas dan tegas menolak Tim U20 Israel bermain di Indonesia dalam Piala Dunia U-20. Menurut informasi jika penolakan keras Ganjar terhadap tim Israel sudah melalui komunikasi intensif dengan pihak terkait. Pihak yang berhubungan langsung dalam penyelenggaraan  Piala Dunia U-20  tersebut yakni Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Bisa saja apa yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo menolak Tim U20 Israel sudah diketahui juga oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi).


TATANTANGAN 

Sikap tegas  Ganjar Pranowo menjadi viral dan menjadi isu menarik akibat terjadinya pro dan kontra masyarakat luas.  Banyak pihak yang mendukung apa yang disuarakan oleh Ganjar Pranowo mewakili  sebagian besar masyarakat Indonesia karena masyarakat Indonesia beragama Islam. 

Di lain sisi Ganjar Pranowo dikecam berbagai pihak yang menuduh jika Ganjar Pranowo tidak paham dan tidak bisa  membebaskan wilayah urusan politik dan urusan persepakbolaan dunia di bawah naungan FIFA.

FIFA yang sudah memberikan mandat bagi Indonesia untuk menyelenggarakan kejuaran Piala Dunia U20. Mandat ini sebenarnya hartanya dilakukan oleh Indonesia tahun 2021 namun ditunda dikarenakan Pandemi Covid-19 masih sepenuhnya belum steril.  Tim Israel bermain dibawah naungan FIFA dan Indonesia sebagai pihak yang dimandatkan menyelenggarakan acara . Artinya tidak ada hak bagi Indonesia untuk menolak Tim Israel bermain di Indonesia.


PRO DAN KONTRA

Isu kian memanas ketika penolakan Ganjar Pranowo tersebut dianggap sebagai pelecehan doktrin demokrasi universal di mana Ganjar Pranowo sudah cedera melakukan politik identitas dengan mengaitkan penolakan Ganjar lebih banyak menguntungkan pihak pro- muslim Indonesia dan Palestina. Akhirnya ending dari sikap Ganjar Pranowo menolak Tim Israel harus diakhiri dengan sikap ambiguitas masyarakat  dalam menilai Ganjar.  

Ganjar Pranowo akhirnya berserah diri jika aksinya tersebut  menimbulkan polemik persepsi di masyarakat umum. Persepsi yang ditimbulkan sangat mendistorsi gambaran dirinya  sebagai capres. Akibatnya elektabilitasnya sedikit banyak akan terkuras oleh pendukung dan simpatisannya yang tidak akur dengan sikap Ganjar menolak Tim Israel.

 Masyarakat  Indonesia bagian Tengah dan Timur Indonesia yang merupakan basis dukungan kelompok nasionalis mengancam mengalihkan dukungan pencapresan ke Prabowo Subianto. Sikap diam Ketua umum Gerinda tidak berkomentar apapun pada Israel  justru menikmati kelimpahan suara kelompok pro-Ganjar yang jengkel atau menyesakkan sikap Ganjar tidak toleran dengan Israel.


KESIMPULAN

Dalam perspektif politik ideologis, Ganjar Pranowo  memberikan ilustrasi ideologi sejarah bangsa Indonesia jika sikap  tegas Ganjar  menolak Tim Israel sebagai bagian amanah dari pendiri bangsa ini seperti Soekarno yang sudah mempertegas politik kebijakan luar negri bebas aktif dan mendukung lebih kemerdekaan penuh suatu negara .

Artinya Ganjar sebagai bagian calon pemimpin masa depan sudah paham sikap politik para pahlawan kemerdekaan dan dilanjutkan dengan sikapnya menolak atribut penjajahan di muka bumi. Ganjar Pranowo sudah menjalankan apa yang menjadi kehendak para Pahlawan Nasional.

Ganjar Pranowo adalah  capres yang secara gentle menyuarakan dukungan pro Palestina dengan dasar dan saksama jika keputusan tersebut bakal menghasilkan resiko politik tidak kecil.

Namun Ganjar Pranowo sudah menunjukkan kualitas dan integritas sikapnya yang sangat jelas bagaimana harus belajar menjadi pemimpin dan Negarawan yang baik dan benar dengan daya dukung pertimbangan keputusan yang matang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url